Dec 3, 2011

Mendeskripsikan 3 Botol Air Minum

 oleh: Fetty Wiyani

            Suasana sejuk di sabtu siang di dalam teras sebuah kedai Telapak, salah satu café yang terdapat di daerah Purwokerto menemani penulis beserta empat teman lainnya, yaitu laras, Lia,  mas Among, dan Dafi dengan semangat yang menggebu untuk belajar menulis yang telah dirancang sudah jauh-jauh hari sebelumnya, kini sedang asyik berbincang dan sambil belajar menulis. Ditemani laptop sebagai media menyalurkan hasrat pikiran untuk menumpahkan ide yang diberikan oleh pembimbing kelas menulis. Headphone dan daftar musik terpasang di telinga, hanya untuk sekadar mengaburkan suara bising para pengendara yang lalu-lalang dengan berbagai macam jenis suara yang memekikan indera pendengaran, karena letak kedai tersebut terletak tepat sekali dipinggir jalan raya menuju ke daerah wisata Baturraden. Si pembimbing kelas menulis kini ingin melatih kami untuk mendeskripsikan beberapa benda sejenis yang terletak disebuah meja panjang yang dapat di isi 6 orang, meja yang sebelumnya kosong kini terdapat beberapa benda diantaranya, buku, snack, telepon genggam, satu rim kertas, beberapa laptop dengan berbagai macam warna ukuran, botol air minum, asbak, dan lain sebagainya. Sempat sebelumnya, mendiskusikan tentang apa yang akan menjadi topik menulis dipertemuan pertama kali ini. terceletuk dari salah satu kawan si penulis yaitu Laras, untuk mendeskripsikan si penulis sendiri hanya untuk sebagai bahan guyon saja. Kini, topik menulis dipertemuan pertama telah diputuskan pada botol air minum yang dibawa oleh beberapa kawan si penulis, yaitu Lia, Laras, dan Among yang berdiri berjejer ditengah meja.


Botol air minum adalah sebuah wadah yang berfungsi untuk menampung air yang layak dikonsumsi oleh si penggunanya. Air minum merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Dalam sehari, cairan tubuh membutuhkan 1 liter air untuk membantu berjalannya fungsi anggota tubuh dari dalam. Terdapat sekitar 60% cairan tubuh adalah air.  Untuk membantu mengganti cairan tubuh yang hilang yang dikarenakan manusia selalu beraktifitas, maka dibuatlah design botol air yang berbagai macam bentuk, ukuran dan merk tersedia. tepat didepan penulis tersedia tiga botol air yang berdri tegak diatas meja. Botol pertama yang memiliki merk produk lock & lock ini memiliki tekstur yang agak kasar dan terdapat banyak cekungan, botol air ini dapat menampung 1,2 liter air yang dapat dikonsumsi oleh si pemilik botol air tersebut, namun di dalam  botol air tersebut kini hanya berisikan ¼ air di botol tersebut. Botol air ini, mampu mencukupi kebutuhan air didalam tubuh yang sekitar 1 liter per-harinya. Botol kedua yang memiliki warna biru laut dikeluarkan oleh produk Tupperware, memiliki ukurannya lebih tinggi sedikit dari ukuran botol yang pertama ini, botol ini berisikan air ¾ dari botol tersebut. Botol kedua ini, juga memiliki ukuran genggaman atau diameternya lebih besar dari ukuran pertama, untuk orang-orang yang sering mengkonsumsi air minum atau untuk berpergian, botol ini sangat mendukung, namun cukup memakan tempat karena ukuran yang ‘agak’ besar. Selanjutnya, botol ketiga yang berdiri tegak disamping botol kedua, yang tidak berisikan air dikarenakan telah habis dikonsumsi oleh si pemilik botol air tersebut. Botol air yang ketiga ini lebih kecil atau penulis menyebutnya edisi mini dari botol kedua karena dikeluarkan dari satu produsen yang sama yang mampu menampung 500ml air. Menurut penulis, botol air yang berwarna kuning ini, cukup ringan dan mudah untuk dibawa kemanapun, tetapi jumlah air yang dibutuhkan oleh tubuh tidak tercukupi karena kurang dari 1 liter air. 

9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. 1.coba deh pet, kalo 500 kata itu lo biki jadi beberapa paragraf. pembaca bakalan bosen ngeliat tulisan lo. soalnya 1 paragraf itu banyak banget pet.

    2.lebih enak lagi kalo misalnya tulisan lo itu didampingin sama data pet. pembaca bakal beranggapan "ini penulis nya sotoy banget, tau dari mana kalo 60% cairan tubuh itu air"

    ReplyDelete
  3. Tulisanmu Bagus, tapi untuk materi kelas kita sore hari ini kamu tidak banyak memberikan deskripsi benda yang sudah ditentukan. Dibuka dengan cerita tentang alasan kita berkumpul sore ini, kamu lalu lebih banyak membicakan fungsi botol bagi penggunanya, deskripsi hanya berada di seputaran diameter, volume, dan perbandingan ketiganya.

    belajar fokus ya :)

    ReplyDelete
  4. @ Dafi : hehehe oke sip daf. thank yoooou, sebenernya gue juga masih bingung, biasanya klo ganti paragraf itu ganti topik atau penjabaran dari aragraf sebelumnya, jadi gue masih bingung klo ganti pargraf bagian apanya yg harus gue kebangin dan oyah gue juga lupa nyantumin kutipan data itu hehe:D

    @mas among : hehe makasih mas, tapi, tadi kan pas menentukan topik tulisan tadi yang jadi titik bahasan tulisan itu kan tentang botol air minum, jadi yang aku tangkep ya aku menjelaskan tentang botol air minum yang aku liat, dengan tambahan situasi disekitar aku. hehe tapi makasiih lho mas, next tulisan dicoba lebih fokus lagi :D

    ReplyDelete
  5. mmm, baca tulisan fetty ini serasa baca artikel. tapi kayaknya masih kurang "menggambarkan" si botol deh fet.. lo terlalu fokus dg data yang pembaca nggak pengen tau.

    mungkin bisa diceritain dg lebih enjoy ya :)
    biar pembaca terbawa alur tulisan lo.

    ReplyDelete
  6. hemm, jadi buat ngebuka paragraf itu enaknya tetep dalam konteks yang sama tapi beda bahasa

    ReplyDelete
  7. Hello Fetty

    Sorry to say, tulisanmu kurang gue baca semua dan gue lompat-lompat. Tanya kenapa? Karena tulisanmu hmm rada membosankan hampir sama kayak gue baca handout dari dosen. Keseringan ngerjain tugas sih ya? Hahahaha. Coba tulisannya dibuat lebih asyik dan bikin orang-orang kepo pengen baca hehe. Anyway, jangan galau ya baca comment ini dan teruslah berjoget 'WHY EVERYBODY SO OBSESSED?' Cheer up.

    Xoxo.

    ReplyDelete
  8. ahahaha dengan tangan cungkring nya diatas dan goyang goyang "mas amooong"

    ReplyDelete
  9. @laras + dafi : emang lu ya bedua sepaket demen bangaaaaaaat ngetawain guaaa -_______- . tapi gue tetep lucu dan heboh kan ?! B-) huakakakkaa

    ReplyDelete