Jan 1, 2012

Acara Padang Ilalang di Ultahnya yang Ke-2

oleh : Muammar Khadafi

Happy New Year semuaaaaaa, cuma mau transformasi aja nih. tentang kegiatan saudaranya Terang Sore. Dibaca yaaaaaa...
 18 Desember 2011, pagi hari di lapangan yang luas. Acara yang diadakan oleh komunitas padang ilalang ini berlangsung dengan baik, walaupun cuaca sedang tidak memungkinkan. Acara ini diikuti oleh anak – anak kecil yang jumlahnya kurang lebih ada 25 anak. Anak – anak kecil yang masih polos untuk mengetahui dunia luar, menjadi terlatih semenjak mengikuri acara tersebut. Karena tujuan dari acara ini pun sangat mulia, yaitu memberi kepekaan pada anak – anak kecil untuk mengetahui dunia luar itu seperti apa, belajar untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, dan mengasah kerjasama kelompok yang baik dari usia dini.

Acara ini diawali dengan metode pembersihan sampah dijalanan yang dikumpulkan dalam plastik besar. Plastik besar ini berguna sebagai tempat sampahnya mereka diwaktu mereka mengumpulkan sampah. Anak – anak dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyebar ke daerah – daerah yang sudah ditentukan. Lalu, plastik ini nantinya dikumpulkan setelah sampah di daerah tiap kelompok sudah bersih. Nah, kelompok yang mengumpulkan sampah terbanyak akan mendapatkan hadiah di akhir acara. Setelah acara pertama selesai, lanjut ke acara kedua yaitu outbond. Di dalam outbond ini, pesan yang disampaikan terhadap anak – anak adalah “jangan takut akan kotor, karena berani kotor itu baik”. Kekompakan kelompok sangat dinilai di dalam outbond ini. Kelompok yang paling kompak, akan mendapatkan hadiah di akhir acara. Akhirnya, sudah sampai di penghujung acara. Di dalam penghujung acara ini, pertama dibuka oleh salah satu panitia dari padang ilalang. Penutupan ini sangat meriah, karena anak – anak dibuka pikiriannya dengan pertanyaan asah otak. Lalu, padang ilalang pun mengumumkan program terbarunya yang berkenaan dengan kreativitas anak – anak.
Akhirnya, penutupan pun berakhir. Sebelum acara ini diakhiri, komunitas padang ilalang memberikan bibit pohon ke semuanya (baik peserta maupun panitia). Pengunjung pun diberi bibit pohon. Bibit pohon ini diberikan guna untuk melindungi bumi kita dan mencegah pemanasan global, karena hari ini induk dari bibit pohon itu sudah ditebang habis oleh orang –orang yang memiliki kepentingan dan tidak bertanggung jawab. Dan akhirnya acara pun bubar. 

Sepulangnya dari pembubaran acara, kami dari terang sore diundang untuk makan – makan di taman baca padang ilalang (ruang sekretariat). Karena acara itu bertepatan dengan HARI ULANG TAHUNNYA KOMUNITAS PADANG ILALANG YANG KE-2. Karena kita bersaudara, maka kita dari Terang Sore ingin mengucapkan HAPPY BIRTHDAY TO PADANG ILALANG. Semoga di umur yang ke-2 ini, komunitas padang ilalang bisa menciptakan program – program yang lebih mendidik, berwawasan, bisa mengasah kreativitas dan kepekaan ank, serta asik dan gokil lagi. AMIN..

1 comment:

  1. asiiik.. kapan kita merayakan ultah terangsore yaaa??

    colek *nissa rengganis, among prakosa, budi cakeb :D

    ReplyDelete