Nov 8, 2012

Kelas Menulis #4

Oleh : Among Prakosa

Dua hari lagi, tepatnya di 10 November 2012, Komunitas Terang Ssore kembali menggiatkan workshop "Kelas Menulis" yang akan memasuki putaran ke empat. Apa yang baru di putaran kelas menulis kali ini?

Setelah di dua putaran pertama para peserta belajar menulis dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dan di putaran ke tiga mendapatkan pengantar (sangat) singkat tentang Realisme Sosial dari Suluh Pamuji, maka di putaran ke empat ini peserta kelas menulis akan belajar tentang meraih realitas sebagai sumber rujukan maupun ide-ide tulisan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut putaran kelas menulis kali ini akan ditemani dengan beberapa makalah pendamping untuk membantu peserta kelas menulis memahami prinsip-prinsip pengetahuan dan bagaimana metode untuk memperolehnya.


Konsekuensinya, kita mencoba akan mengais khazanah pemikiran filsafat materialis untuk mempelajari bagaimana meraih pengetahuan dengan berpijak pada realitas (materi). Namun, dengan adanya konsekuensi ini, jangan membayangkan kelas menulis putaran ke empat akan berlangsung rumit, seperti stigma yang kita lekatkan pada filsafat. Sebab melalui aktifitas menulis yang nantinya kita lakukan, prinsip-prinsip filsafati akan lebih mudah untuk kita pahami.

Mengenai teknik penulisan, pendekatan deskriptif masih akan digunakan. Alasannya, salah satu metode meraih pengetahuan (hipotesis) adalah dengan pemikiran induktif, dan teknik menulis deskriptif sangat dekat dengan metode berpikir induktif, di mana dalam pendekatan deskriptif ini kita belajar mengumpulkan fenomena-fenomena secara teliti untuk menarik sebuah kesimpulan yang umum.

Demikian pengantar singkat tentang KelasMenulis#4, sampai jumpa di minggu kedua dan ke empat mulai bulan November 2012 hingga Februari 2013.

No comments:

Post a Comment